SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TAMANBALI, MEDIA TRANSPARANSI ANGGARAN DAN TEMPAT PENGAJUAN SURAT MENYURAT ADMINISTRASI

Artikel

Pembuatan Eco-Enzyme Desa Tamanbali

03 Maret 2023 14:05:09  I Nyoman Dharma Utama  237 Kali Dibaca  Berita Desa

Tamanbali, 03 Maret 2023

Eco-enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat. Komposisi sampah yaitu 54% mengunakan sampah organik. Beberapa manfaat cairan Eco-Enzyme yaitu : Sebagai Cairan Pembersi, Pupuk tanaman, Pengusir Hama.

Proses Eco-Enzyme yaitu sampah organik yang diolah menjadi eco enzyme hanya sisa sayur atau buah yang mentah. Fermentasi yang menghasilkan alkohol dan asam asetat yang bersifat disinfektan hanya dapat diaplikasikan pada produk tanaman karena kandungan karbohidrat (gula) di dalamnya. Proses fermentasi akan berlangsung 3 bulan. Bulan pertama, akan dihasilkan alcohol, kemudian pada bulan kedua akan menghasilkan cuka dan pada bulan ketiga menghasilkan enzyme. Pada bulan ketiga, Eco-Enzyme sudah bisa kita dipanen. 

Sebagai salah satu langkah dalam pelestarian lingkungan Desa Tamanbali membuat Eco-Enzyme ini demi mengurangi pengunaan bahan kimia dalam produk pembersih, pupuk tanaman, dan sebagai pengusir hama. Dengan kegiatan ini diharapkan nanti penggunakan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dapat berkurang secara signifikan.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SIKS-NG

 Destinasi Wisata

Desa Wisata Guliang Kangin Air Terjun Dedari Kuning Waterfall & Adventure Pancoran Solas

 Peta Desa

 Tamanbali on Facebook

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:258
    Kemarin:195
    Total Pengunjung:814.781
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.22.250
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel