SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TAMANBALI, MEDIA TRANSPARANSI ANGGARAN DAN TEMPAT PENGAJUAN SURAT MENYURAT ADMINISTRASI

Artikel

Panen Perdana Demplot Melon di Subak Uma Anyar

24 November 2017 14:26:01  Operator SID  1.242 Kali Dibaca  Berita Desa

Bupati Bangli I Made Gianyar SH.,MHum bersama Ketua DPRD Kabupaten Bangli Ngakan Kuta Parwatha, Sekda Kab. Bangli Ir. Ida Bagus Giri Putra,MM dan melakukan panen perdana buah melon hasil denplot budi daya melon pola sekolah lapang inovasi dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) di Subak Uma Anyar Desa Tamanbali Kecamatan Bangli, Jumat (24/11/2017)

Dalam panen tersebut dihasilkan sebanyak 1.163 buah dengan rata-rata bobot 2 kg/buah dari 1050 pohon melon dilahan seluas 8 Are.

Menurut Bupati Bangli I Made Gianyar tanaman melon di dareah Bangli selatan sangat cocok di kembangkan, ini terbukti dari demplot yang dikembangkan oleh Dinas PKP. “Panen melon adalah bukti bahwa di Bangli kota bisa ditanam melon dan nanti akan di kembangkan di daerah lain dan kita akan menyiapkan Perusda untuk membantu produksi dan pemasarannya”, Katanya.

Demplot melon ini diawali kerjasama pengembangan melon yang ditawarkan oleh UGM. Pihaknya mengirim Bendesa Adat Guliang Kangin dan Kelihan Subak Geria, Desa Tamanbali untuk berangkat ke Jogjakarta untuk menyaksikan panen perdana melon di Desa Jamusan, Sleman.

Pihaknya juga merasa berbahagia sekali bahwa hasil dari dempot melon ini ditinjau dari analisa usaha tani, melon sangat menguntungkan pentani. Kalau petani ingin menanam akan dibantu untuk bibit dan jaminan harganya yang tentunya juga tidak merugikan para petani. “Tanaman melon salah satu alternatif yang layak kita tanam walupun belum menjadi tanaman unggulan yang bisa memberikan kesejahteraan kepada petani .” imbuhnya.

Tentunya setelah ini petani yang mampu silakan menanam secara madiri dan kalau ada orang-orang miskin, bisa memanfaatkan lahan kosong atau tanah terlantar milik pemerintah untuk dimanfaatkan dan akan dibantu pembibitan, obat-obatannya.

Sementara itu Kadis PKP Kabupaten Bangli Wayan Sukartana mengatakan percobaan budidaya melon di subak uma anyar dengan jenis Okasa F1 dianggap cocok dengan kondisi tanah di subak setempat. Pihaknya berharap budidaya melon kali ini dapat diikuti oleh para petani di Daerah Bangli bagian selatan yang lahan sawahnya mengalami krisis air, sedangkan untuk lahan yang ketersediaan airnya cukup tentunya diintensifkan untuk penanaman padi.

 

NP Suarsana
07 Desember 2017 09:44:08
Terimakasih sudah komin, semoga bisa terwujud.
Faizin
03 Desember 2017 18:03:17
Semoga tambah maju,, dan semoga budidaya yang di kembangkan dapat meningkat taraf penghasilan masyrakat,,khususnya petani...

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SIKS-NG

 Destinasi Wisata

Desa Wisata Guliang Kangin Air Terjun Dedari Kuning Waterfall & Adventure Pancoran Solas

 Peta Desa

 Tamanbali on Facebook

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:32
    Kemarin:387
    Total Pengunjung:811.480
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.25.74
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel