SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TAMANBALI, MEDIA TRANSPARANSI ANGGARAN DAN TEMPAT PENGAJUAN SURAT MENYURAT ADMINISTRASI

Artikel

Pelatihan LPM Desa Tamanbali

12 Juli 2018 07:24:07  Operator SID  751 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam upaya peningkatan kapasitas dan SDM  Pemerintah Desa Tamanbali melakukan pelatihan terhadap pengurus dan anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Tamanbali, yan dibuka secara resmi pada Senin (09/07/2018) di GOR Desa Tamanbali, oleh Camat Bangli, Drs. I Wayan Wardana. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 9 s/d 11 Juli 2018.   Dua hari dilakukan di dalam kelas, dan satu hari berupa kunjungan studi tiru ke Desa Tajun, Buleleng.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Desa Tamanbali, Putu Windi Eka Suryantini, Perangkat Desa Tamanbali, Pengurus dan Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  Desa Tamanbali.

Sebelum membuka, Camat Bangli, Drs. I Wayan Wardana, menyampaikan ceramah umum terkait dengan keberadaan dan peran/fungsi LPM dalam membangun desa. Sebagaimana diketahui, setelah berlakunya UU No. 6 Tahun 2016 tentang Desa, peran LPM Desa semakin berkurang, ini disebabkan turunnya beberapa regulasi yang mengurangi peran serta LPM dalam pembangunan desa.

Di sesi selanjutnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,  Drs. AA Riana Putra, M.Si, memberikan materi terkait posisi dan peran LPM Desa dalam  tata kelola pemerintahan desa. Peran LPM sangat dibutuhkan oleh desa terutama dalam perencanaan dan pelaksanaan, sehingga kegiatan - kegiatan  pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dalam berjalan dengan baik, menghasilkan kegiatan yang berkualitas, proses dan pelaksanaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di hari ke-2, Sekretaris Umum DPD LPM Provinsi Bali, I Wayan Sadia, memberikan materi terkait Tugas Pokok dan Fungsi LPM Desa Paska Undang - Undang Desa. Menurutnya, peran LPM akhir - akhir ini semakin dipersempit. Ini ditunjukkan dengan turunnya Permendagri No. 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa. Dalam permen ini, kedudukan LPM Desa disejajarkan dengan Karang Taruna, PKK dan Posyandu, padahal peran LPM Desa sangat penting terkait dengan perencanaan dan pembangunan desa.

Di sesi selanjutnya, diisi oleh Wakil Ketua II DPD LPM Kabupaten Bangli, Ngakan Putu Suarsana, yang membawakan materi keterkaitan dan sinergi LPM Desa dengan LKD lainnya yang ada di desa.  Hal ini sangat penting mengingat kerjasama antar LKD akan sangat menentukan keberhasilam pembangunan di desa.

Materi terakhir adalah peran serta LPM Desa dalam pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Desa Tamanbali.

Di hari berikutnya, LPM Desa akan melakukan kunjungan kerja ke Desa Tajun Buleleng, untuk melihat secara langsung peran serta LPM Desa di Desa Tajun ikut serta dalam memajukan dan membangun desanya.

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SIKS-NG

 Destinasi Wisata

Desa Wisata Guliang Kangin Air Terjun Dedari Kuning Waterfall & Adventure Pancoran Solas

 Peta Desa

 Tamanbali on Facebook

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:283
    Kemarin:195
    Total Pengunjung:814.806
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.222.162.216
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel