LAYANAN MANDIRI : Masyarakat Bisa Mohon Surat Keterangan Secara Mandiri Lewat Smartphone maupun PC/Laptop dari Mana Saja
Seiring perkembangan zaman memohon Surat Keterangan dari Pemerintah Desa dapat dilakukan dari rumah. Kita hanya perlu mengakses website desa dan melakukan prosedur yang diperlukan sesuai arahan tutorial dibawah ini :
Pertama akses website Desa Tamanbali dengan klik www.tamanbali.desa.id pada browser anda!, akan muncul tampilan layar seperti berikut :
Lalu geser halaman website ke bawah, sampai terlihat halaman login Layanan Mandiri, seperti gambar berikut :
Kemudian, klik tab LOGIN berwarna biru muda!
(Catatan : login memerlukan data NIK Anda dan PIN, jika Anda belum memiliki PIN, silahkan hubungi Staf Admin Kantor Desa atau Kelian Banjar Dinas di wilayah Anda untuk mendapatkan PIN sementara).
Jika Anda ingin langsung masuk ke Layanan Mandiri, tanpa mengetik alamat website Desa Tamanbali, Anda dapat memindai kode berikut, yang akan muncul link di perangkat Anda untuk masuk ke Layanan Mandiri.
Setelah Anda Klik Tab LOGIN, atau pindai QRCode tersebut, akan muncul tampilan layar seperti berikut :
Silahkan isi NIK dengan benar sesuai KTP Anda. Dan isikan juga PIN sementara yang diberikan oleh admin desa kepada Anda. Setelah itu klik tab MASUK paling atas (Tanda kotak biru).
Berikutnya muncul layar Informasi sebagai berikut. Petunjuknya harus Anda ikuti yaitu mengganti PIN sementara, dengan PIN yang sesungguhnya, dan akan dijadikan PIN Anda setiap login Layanan Mandiri berikutnya. Simpan PIN Anda baik-baik, jangan sampai ada orang lain yang mengetahui, karena bisa disalahgunakan untuk login ke Layanan Mandiri Desa. Jika Anda lupa PIN tersebut, Anda bisa menghubungi admin desa untuk mereset/mengulang mendapatkan PIN sementara, dan PIN sementara tersebut harus Anda ganti juga dengan PIN permanen.
Untuk melanjutkan klik tombol OK, lalu isikan PIN Anda yang baru atau PIN Permanen.
Setelah diisi lengkap, klik Tombol Simpan, akan muncul layar konfirmasi :
Pastikan Anda mencatat Informasi PIN yang muncul di layar. Setelah itu Klik tombol OK, dan kemudian Anda kembali ke Layanan Mandiri, masuk kembali dengan NIK dan PIN Baru Anda.
Klik, tombol LOGIN, isikan NIK dan PIN baru Anda. Jika benar akan nampak di layar seperti berikut :
Sampai disini, Anda sudah dapat melihat data Profil, Biodata, Data KK Anda, Bantuan yang pernah Anda terima, Surat yang pernah Anda buat, atau permohonan surat yang masih dalam proses.
Anda juga dapat melakukan pengaduan/pesan kepada Pemerintah Desa jika ada yang ingin Anda usulkan, atau Anda ingin melakukan perbaikan terhadap data pforil Anda yang (mungkin) masih salah.
Jika Anda ingin mengajukan permohonan Surat Keterangan dari Pemerintah Desa untuk keperluan Anda melengkapi administrasi, sebelumnya Anda harus mengunggah dokumen persyaratan, sesuai masing-masing surat. Ini harus Anda lakukan hanya satu kali saja untuk dokumen yang sama dan tidak terdapat perubahan.
Jika Anda ingin melakukan permohonan surat, silahkan lengkapi dulu persyaratan dokumen yang diperlukan, dengan cara mengklik tab dokumen yang di bagian kiri, di bawah foto.
Selanjutnya akan muncul layar sebagai berikut :
Kemudian klik tanda + Tambah Dokumen !, akan muncul layar berikut :
Isi Nama Dokumen sesuai dengan yang disyaratkan. Misalnya KTP, KK, Surat Keterangan, dll.
Setelah itu pilih jenis dokumen sesuai dengan yang diunggah. Jika menggunakan kamera HP, klik kamera. Jika menggunakan Laptop/PC, klik broswe, pilih dokumen yang diunggah, kemudian tekan tombol Simpan.
Jika dokumen yang diunggah merupakan dokumen bersama keluarga, seperti KK, maka centang nama keluarga yang bisa menggunakan dokumen tersebut.
Jika menggunakan kamera atur kamera agar resolusi tidak terlalu besar, jangan lebih dari 200 Kb. Jika menggunakan Laptop/PC, ubah resolusi gambar agar tidak melebihi 200 Kb. Agar unggah dokumen berjalan lancar dan tidak error.
Setelah tersimpan, lakukan langkah diatas kembali untuk dokumen yang lain yang dibutuhkan seperti KK atau yang lainnya.
Jika dokumen sudah terunggah, Anda bisa lanjutkan dengan mohon surat pengantar dengan cara :
Klik Tab Surat, kemudian Tab Buat Surat, akan muncul layar berikut, silahkan diisi sesuai keperluan Anda!
Setelah lengkap, klik tombol Isi Form. Jika isian benar, maka akan muncul layar yang berisi data lengkap Anda.
Catatan : Seandainya data ini ada yang salah, Anda tidak dapat membetulkan. Anda harus melaporkan lewat pesan kesalahan tersebut, nanti admin desa yang akan memperbaiki, sehingga pada saat surat keterangan dicetak data sudah sesuai dengan yang sebenarnya.
Berikutnya, isi keperluan, masa berlaku, dan klik tombol Kirim. Maka akan muncul layar :
Permohonan Anda sedang diperiksa oleh admin desa dan perangkat yang berwenang di desa sesuai dengan jenis surat yang Anda mohon.
Berikutnya, silahkan Anda coba cek kembali layanan mandiri Anda, dan cek status surat Anda.
Status surat Anda akan kelihatan, sedang menunggu tanda tangan. Dan tetap pantau dengan merefresh atau mereload browser Anda, sampai surat Anda selesai dan siap diambil.
Jika sudah muncul tanda berwarna jingga dan Siap diambil, berarti surat Anda sudah selesai. Silahkan diambil ke kantor desa.
Jika ada yang kurang jelas dari tutorial singkat ini, silahkan menghubungi Kelian Banjar Dinas, Perangkat Desa atau Admin Desa. Terimakasih
Septa
27 Juli 2024 00:38:14
Terima kasih atas filosofi tumpek landep ini. Semoga artikel lain terkait makna tumpek landep yang KELIRU...