SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TAMANBALI, MEDIA TRANSPARANSI ANGGARAN DAN TEMPAT PENGAJUAN SURAT MENYURAT ADMINISTRASI

Artikel

Pelatihan Kader Peduli HIV & AIDS dari Yayasan Maha Bhoga Marga

15 Oktober 2021 03:56:17  I Nyoman Dharma Utama  495 Kali Dibaca  Berita Desa

HIV adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan  tubuh yang bila ditangani dengan tepat pengidapnya dapat  memiliki kehidupan yang sama dengan orang tanpa HIV,  bahkan tidak lagi menularkan.
AIDS adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh  sudah lemah sehingga tubuh tidak lagi dapat melawan  penyakit infeksi.

HIV adalah jenis virus, dan hingga saat ini belum ada virus yang dapat dimusnahkan. Orang yang terinfeksi virus disebut “sembuh” jika tidak memiliki penyakit penyerta. Di Indonesia sendiri sudah banyak terjadi kasus orang yang meninggal karena HIV & AIDs setiap tahun maka dari itu pemerintah pusat menetapkan target penanggulangan HIV & AIDs dengan slogan END TO AIDS 2030 adapun tujuan dari penanggulangan ini yaitu : Zero new HIV infection, Zero AIDS related death, Zero discrimination atau disingkat dengan 3 Zero.

Adapun cara yang ditempuh untuk mencapai target tersebut adalah pertama dengan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat agar paham tentang HIV dan AIDs dengan target 90% masyarakat paham tentang HIV & AIDs, kedua menemukan ODHA (Orang Dengan HIV & AIDs) dan tahu statusnya, ketiga mengobati ODHA dengan mendapatkan terapi Antiretroviral (ART) dimana terapi ini dapat memperlambat perkembangan HIV dalam tubuh, dan yang terakhir pertahankan ODHA yang sudah terapi Antiretroviral tidak terditeksi virusnya.

Demi menyukseskan kegiatan penanggulangan HIV & AIDs maka kami dari Pemerintahan Desa Tamanbali mendapatkan Pelatihan Kader Peduli HIV & AIDs dari Yayasan Maha Bhoga Marga pada hari Jumat tanggal 15 Oktober 2021 yang bertempat di Kantor Desa Tamanbali dengan perserta kader yaitu Perbekel, Sekdes dan Perangkat Desa.

Pelatihan diawali dengan Quis tentang seberapa besar pemahaman peserta pelatihan tentang HIV dan AIDs kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pemahaman kepada kader tentang HIV & AIDs dan diakhiri dengan Quis tentang seberapa besar pemahaman tentang HIV & AIDs setelah mendapatkan pelatihan dan selanjutnya wawancara dengan Perbekel Tamanbali mengenai manfaat pelatihan dan tindaklanjut dari Pemerintahan Desa Tamanbali dalam penanggulangan HIV & AIDs. Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah dan menurunkan kasus HIV & AIDs agar tidak semakin banyak.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SIKS-NG

 Destinasi Wisata

Desa Wisata Guliang Kangin Air Terjun Dedari Kuning Waterfall & Adventure Pancoran Solas

 Peta Desa

 Tamanbali on Facebook

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:154
    Kemarin:468
    Total Pengunjung:813.877
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.15.229.113
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel