Jadwal Pelayanan Kantor Desa Sementara (mengantisipasi penyerbaran Covid-19) : Senin s/d Kamis mulai jam 08.00 s/d 14.00 wita dan Jumat mulai jam 08.00 s/d 13.00 wita

Artikel

Profil Desa

29 Juli 2013 16:46:44  Administrator  1.184 Kali Dibaca 

Desa Tamanbali merupakan salah satu dari 5 Desa yang ada di kecamatan Bangli, yang terletak 5 km kearah selatan kota Kecamatan.

Desa Tamanbali mempunyai luas wilayah seluas 657 hektar dengan batas di sebelah utara Kelurahan Bebalang Kabupaten Bangli, di sebelah timur Desa Nyalian Kabupaten Klungkung, di sebelah selatan Desa Sidan Kabupaten Gianyar, dan di sebelah barat Desa Bunutin Kabupaten Bangli.

Di Desa Tamanbali mengenal dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau berkisar antara Bulan April sampai dengan Bulan Oktober sedangkan musim hujan berkisar antara Bulan November sampai dengan Bulan Maret. Namun kadang-kadang terjadi pergeseran musim karena pengaruh berbagai faktor. Musim dingin puncaknya terjadi pada Bulan Juli s/d Agustus yaitu saat musim kemarau. Berdasarkan penggolongan/klasifikasi iklim yang dikemukakan oleh Oledeman maka seperti halnya daerah lain di Kecamatan Bangli, Desa Tamanbali meliputi tipe iklim D yang peredarannya antara lain sebagai berikut :

-          Curah hujan

-          Bulan basah

-          Bulan kering

-          Bulan lembab

:  500 mm/tahun

: 6 bulan (Oktober s/d Maret)

: 6 bulan (Maret s/d Oktober)

: 3 bulan (Desember s/d Februari)

Kadang – kadang Desa Tamanbali mengalami angin kencang tepatnya di sasih kawulu (sistem penanggalan tradisional Bali) yaitu kira-kira di bulan Februari. Pada musim seperti ini biasanya masyarakat sudah waspada, sehingga korban jiwa dapat dihindari dari bencana ini. Secara umum kondisi Desa Tamanbali tidak rentan terhadap bencana.

Hidrologi dalam arti luas adalah  meliputi ketersediaan sumber air terutama air permukaan dan air dalam tanah. Wilayah Binaan (Wilbin) Desa Tamanbali merupakan wilayah penggunaan, sehingga secara langsung berpengaruh terhadap ketersediaan air permukaan. Dalam memenuhi kebutuhan air, masyarakat lebih banyak menggunakan jasa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sedangkan kebutuhan air untuk lahan pertanian dipenuhi dari aliran irigasi di Subak Gede Tamanbali dan Subak Tampa Deha. Debit air semakin mengecil akibat banyaknya saluran irigasi yang masih belum diperkuat.

Desa Tamanbali mempunyai jumlah penduduk laki-laki 3209 jiwa, perempuan 3360 jiwa, total 6569 jiwa, jumlah kepala keluarga 1.850 kepala keluarga, jumlah RTM adalah 53 KK.

Dari 1850 KK di desa Tamanbali terdapat 53 KK misikin. Berikut statistik prosentase KK Miskin di Desa Tamanbali:

Organisasi Masyarakat

Organisasi masyarakat tumbuh dengan baik didalam perkembangan sosial masyarakat Desa Tamanbali. Keberadaan organisasi masyarakat ini masih belum optimal dalam rangka mendorong pembangunan Desa. Program-program seperti pembinaan dan pelatihan sangat perlu dilakukan untuk memahami peran serta organisasi dalam kemajuan perkembangan Desa. Beberapa organisasi yang ada di Desa Tamanbali di gambarkan sebagai berikut.

Desa Tamanbali merupakan desa pertanian, perkebunan, peternakan dan industry kecil, sehingga sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagi petani, peternak, pengerajin disamping ada juga sebagai PNS, TNI, POLRI dan yang lainnya.

Akses masyarakat Desa Tamanbali terhadap air bersih secara umum sudah baik, ini disebabkan telah terlayaninya seluruh masyarakat oleh Perusahaan Daerah Air Minum. Sementara bagi sebagian masyarakat yang belum terlayani oleh PDAM masih banyak terdapat aliran air, baik di sungai yang sebagian sebagai aliran irigasi maupun di beberapa mata air yang begitu banyak terdapat di sekitar Desa Tamanbali.  Sehingga secara umum akses masyarakat Desa Tamanbali terhadap air bersih sudah baik.

Penerangan jalan di wilayah Desa belum mampu mencakup kesemua wilayah dan titik. Jalan utama Desa belum memiliki penerangan yang cukup akibat belum jelasnya kewenangan terhadap hal tersebut.  Keberadaan beberapa lampu penerangan jalan juga sering padam akibat tidak tersedianya pulsa listrik secara rutin. Hal ini juga perlu menjadi perhatian agar kedepannya desa bisa lebih terang dan nyaman di malam hari, apalagi beberapa lokasi di Desa Tamanbali merupakan Daerah Tujuan Wisata.

Drainase lingkungan Desa di masing-masing dusun masih memerlukan perhatian dalam peningkatan dan penyediaan infrastrukturnya. Drainase dan jaringan air limbah sudah tentu harus diperhatikan dimasing-masing dusun. Meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat memerlukan perhatian kusus dalam pembuangan limbah rumah tangga agar tidak merusak lingkungan Desa. Sampai saat ini di beberapa banjar dinas masih memerlukan perhatian pemerintah terkait drainase dan jaringan limbah, karena baru hanya beberapa banjar dinas yang sudah mendapatkan bantuan penanganan air limbah dengan program IPAL. Diperlukan tambahan pengembangan infrastruktur skala Desa dalam menyediakan drainase dan saluran air limbah di Desa Tamanbali kedepannya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak

Destinasi Wisata

Peta Desa

Tamanbali on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:542
    Kemarin:561
    Total Pengunjung:292.174
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.107.77
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

02 September 2017 | 5.019 Kali
Mengenal Lebih Dalam tentang Bhatara Hyang Guru
04 September 2017 | 4.881 Kali
Kelahiran Wuku Ukir menurut Kitab Primbon Betaljemur Adammakna
24 Mei 2018 | 3.929 Kali
Makna Sugihan Jawa dan Sugihan Bali dalam Perayaan Galungan-Kuningan
02 September 2017 | 2.278 Kali
Makna dan Filosofi Tumpek Landep yang Tidak Boleh Dilupakan
26 Agustus 2016 | 2.145 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 1.184 Kali
Profil Desa
16 Februari 2017 | 1.082 Kali
Pancoran Solas