SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TAMANBALI, MEDIA TRANSPARANSI ANGGARAN DAN TEMPAT PENGAJUAN SURAT MENYURAT ADMINISTRASI

Artikel

Perayaan Hari Saraswati di Sekolah Dasar Desa Tamanbali

21 Agustus 2017 03:20:19  Operator SID  965 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam Agama Hindu, Hari Saraswati diperingati sebagai ungkapan puji syukur kehadapan Ida Hyang Para Kawi atas anugrahNya menurunkan ilmu pengetahuan ke dunia ini. Semua orang tahu bahwa apa jadinya kehidupan ini tanpa ilmu pengetahun. Untuk hal ini, seluruh umat Hindu di Bali merayakannya dengan penuh keheningan, tak terkecuali di sekolah - sekolah.

SDN 1 Tamanbali, merayakan pemujaan Hari Saraswati secara khidmad bersama guru, staf dan semua murig-muridnya. Persembahyangan ini dilakukan secara rutin tiap 210 hari sekali. Persembahyangan bertujuan menghaturkan puji syukur kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati (Dewi Ilmu Pengetahun) atas anugrahNya, sehingga seluruh siswa, guru dan staf selalu mendapatkan anugrah dalam proses belajar-mengajar. Dan selanjutnya juga memohon kehadapanNya agar tetap diberkati dalam proses belajar-mengajar selanjutnya.

SDN 2 Tamanbali, juga melakukan perayaan Hari Saraswati di Padmasana sekolahnya. Persembahyangan diikuti oleh seluruh siswa-siswi, staf sekolah dan Guru. Persembahyangan dipimpin oleh Jro Mangku Mertha, S.Ag., salah seorang guru di SDN 2 Tamanbali. Persembahyangan dilakukan mulai pk. 09.00 Wita dan berakhir pk. 11.00 Wita.

Setelah perayaan Hari Saraswati yang jatuh setiap 210 hari sekali, tepatnya pada hari Sabtu Umanis wuku Watugung. Rangkaian perayaan dilanjutkan dengan perayaan Hari Bayu Pinaruh sehari sesudahnya, yaitu pada hari Redite, Paing wuku Sinta. Perayaan Banyu Pinaruh biasanya dilakukan dengan malukat di tempat-tempat air suci untuk menghilangkan kekotoran yang ada di tubuh dan pikiran, sehingga bisa menerima anugrah ilmu pengetahun pada hari-hari selanjutnya.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SIKS-NG

 Destinasi Wisata

Desa Wisata Guliang Kangin Air Terjun Dedari Kuning Waterfall & Adventure Pancoran Solas

 Peta Desa

 Tamanbali on Facebook

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:66
    Kemarin:391
    Total Pengunjung:812.898
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.30.118
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel