SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA TAMANBALI, MEDIA TRANSPARANSI ANGGARAN DAN TEMPAT PENGAJUAN SURAT MENYURAT ADMINISTRASI

Artikel

Taman Narmada Bali Raja Potensi Terpendam Pariwisata Desa Tamanbali

09 Februari 2017 15:00:46  Operator SID  1.031 Kali Dibaca  Berita Desa

Sebagaimana sering diungkapkan dalam banyak sekali tulisan dan sumber bahwa di Bali lokasi apapun dan dimanapun berpotensi untuk menjadi tempat wisata favorit dan menarik karena seolah telah ditakdirkan Dewata bahwa Bali merupakan surganya keindahan duniawi yang bak surgawi. Demikian halnya yang terjadi pada Narmada Baliraja yang merupakan sebuah taman peninggalan Kerajaan Taman Bali.

Dilengkapi Berbagai Bangunan Lainnya

Di taman ini terdapat kolam dan tempat pemujaan yang berupa bangunan pura bernama Kawitan Maha Gotro Tirta Harum Taman Narmada Baliraja dengan luas sekitar 50 are yang dikelilingi oleh pesawahan. Kerama subak mendirikan bangunan Pura Subak yang berada di sebelah Barat Pura Kawitan Maha Gotro Tirta Harum Tamanbali. Disamping juga terdapat peninggalan lainnya yang tak kalah berharganya berupa Jempeng Raja (WC) yang memiliki bentuk lembu dan bangunan Bale Emas (tempat penyimpanan kekayaan kerajaan.

Bangunan Bale Emas sendiri telah dilakukan renovasi pada sekitar tahun 1986 oleh warga Taman Bali sendiri. Peninggalan tersebut tentunya memiliki daya tarik tersendiri sekaligus sangat potensial untuk terus dikembangkan sebagai objek wisata, khususnya wisata memancing yang sangat erat kaitannya dengan olahraga sepeda gayung dan lari lintas alam. Pokoknya setiap pengunjung yang datang ke lokasi tersebut akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada.

Fasilitas

Di desa Tamanbali belum tersedia rumah makan, penginapan, parkir sebagai pendukung dalam perkembangan Obyek Wisata. Namun kondisi jalannya sudah beraspal, mengingat Desa ini merupakan jalur pariwisata yang menghubungkan obyek wisata Kabupaten Gianyar dengan obyek Wisata Kabupaten Bangli. Desa ini sudah dialiri listrik demikian pula air bersih.

Lokasi

Taman Bali Narmada Baliraja sendiri terletak di Desa Tamanbali Kecamatan Bangli, yang termasuk wilayah Kabupaten Bangli. Untuk mencapai Desa ini dari Kota Bangli ke arah Selatan dengan nemenpuh jarak 5 km dan dari ibu kota propinsi dapat menempuh melalui jalan utama 5 Gianyar-Bangli yang berjarak 35 km.

Sedangkan dari Desa Tamanbali menuju taman ini ada 2 jalan yaitu :

1. Melalui jalan setapak (jalan tanah) ke arah barat yang jaraknya kurang lebih 500 m.
2. Ke arah barat melalui jalan aspal sebelum memasuki dusun Sedawa belok ke arah Selatan, jaraknya kurang lebih 300 m.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengajuan Surat

Hubungi Kami

Hubungi Kami

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

Prodeskel E-Billing Pajak
SDGs Desa SIKS-NG

 Destinasi Wisata

Desa Wisata Guliang Kangin Air Terjun Dedari Kuning Waterfall & Adventure Pancoran Solas

 Peta Desa

 Tamanbali on Facebook

 Komentar

 Media Sosial

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:232
    Kemarin:284
    Total Pengunjung:812.673
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.41.214
    Browser:Mozilla 5.0

 Arsip Artikel